Sabtu, 08 Desember 2012

JAWABAN ESSAY UH 4 EKONOMI


Soal Pasar – Kelas X

1.            Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah sebuah  gambar pasar persaingan sempurna!
2.            Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
3.            Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli
4.            Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
5.      Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !

JAWABAN:

1. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:

1. Perusahaan adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.

2. Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.

3. Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.

4. Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.






2. Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna

-Hanya terdiri dari 1 produsen / penjual.
-Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
-Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
-Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang
maupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
-Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh
 perusahaan bersekala besar.
         -Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna.
-Harga ditentukan oleh perusahaan.
-Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang.
-Ada bannyak pembeli.
-Membuat hambatan yang besar bagi pesainy yang akan masuk.
-Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.



3. Ciri-ciri pasat oligopoli:
* Terdapat banyak pembeli di pasar.
* Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
* Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja (konglomerasi).
* Produk yang dijual bisa bersifat sejenis, namun bisa berbeda mutunya.
* Adanya hambatan bagi pesaing baru.
* Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
* Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif.



4.   Ciri-ciri pasar tenaga kerja:
·      Sebagai penjual tenaga kerja di dalam pasar ini adalah para pencari kerja (Pemilik Tenaga Kerja), sedangkan sebagai pembelinya adalah orang-orang / lembaga yang memerlukan tenaga kerja adanya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

5.   Ciri-ciri pasar factor produksi:

                  A. KONSEP PASAR FAKTOR PRODUKSI

1} PERBEDAAN PASAR FAKTOR PRODUKSI DAN PASAR BARANG KONSUMSI

Faktor produksi adalah segala sesuatu yang di butuhkan oleh produsen sebagai input untuk memproduksi barang siap pakai. Memudahkan analisis,terlebih dahulu kita akan menyederhanakan perekonomian kita menjadi dua komponen yaitu :

• Rumah tangga produksi adalah pihak yang mewakili semua unit yang melakukan proses produksi barang dan jasa
• Rumah tangga konsumsi adalah pihak yang akan mewakili semua unit yang melakukan proses konsumsi barang dan jasa.
Pasar faktor produksi adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap faktor produksi. Pasar barang konsumen adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap barang konsumen.

2} PENAWARAN FAKTOR PRODUKSI
Penawaran faktor produksi adalah jumlsah faktor produksi yang tersedia di pasar pada waktu tertentu.
Contoh : terdapat barang-barang modal berteknologi tinggi dan berteknologi rendah serta tenaga kerjanya terdidik dan tenaga kerja tidak terdidik.tujuan agar saya lebih mudah untuk memahami pembahasan selanjutnya adalah :
Faktor produksi yang paling dekat dengan kehidupan saya adalah tenaga kerja. Sepanjang tahun saya melihar orang-orang menawarkan tenaganya ke perusahan-perusahan di kota bahkan di luar negeri.mereka berharap dapat bekerja di perusahan-perusahaan tersebut agar memperoleh upah untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

3} PERMINTAAN TERHADAP FAKTOR PRODUKSI
Mengamati keadaan di pasar. Tujuannya yaitu :

• Menentukan pilihan barang apa ag akan di produksi yang sesuai dengan keinginan konsumen
• Menentukan beberapa jumlah barang yang akan di produksi agar dapat menghailkan keuntungan yang maksimum.
Selanjutnya bperusahaan menentukan kombinasi faktor produksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang tersebut dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan biaya yang minimum.

Penentuan kombinasi faktor produksi tersebut berarti menentukan berapa jumlah modal, tenaga kerja, dan faktor produksi lainnyadengan pertimbangan sebagai berikut yaitu :
• Berapa harga faktor produksi di tentukan
• Kondisi yang harus dipenuhi agar faktor produksi yang digunakan dapat menghasilkan keuntungan maksimum dalam kegiatan produksi.

4} PERANAN ANALISIS PERMINTAAN TERHADAP FAKTOR PRODUKSI
Bagi perusahaan,ada dua alasan untuk menganalisis permintaan terhadap faktor produksi. Pertama, hasil analisis dapat di gunakan sebagai dasar untuk mengalokasikan penggunaan faktor produksi secara efisien. Kedua, hasil analisis akan menjelaskan bagaimana pendapatan berbagai faktor produksi di tentukan.
*pengalokasian faktor produksi
 *penentuan pendapatan berbagai faktor produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar