Soal Pasar – Kelas X
1.
Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah
sebuah gambar pasar persaingan sempurna!
2.
Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah
sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
3.
Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar
pasar oligopoli
4.
Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
5. Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !
JAWABAN:
1. Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna:
1. Perusahaan adalah price
taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu
perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga
pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan
perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh
interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
2. Tiap perusahaan mudah
keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin
meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan.
Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri
itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
3. Menghasilkan barang
homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat
perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan
dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah
dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari
perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
4. Pembeli mempunyai
pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini
dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga
kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka
mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga
tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga
yang lebih tinggi dari harga pasar.
Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/1971685-ciri-ciri-pasar-pesaingan-sempurna/#ixzz2EWZZEp66
2. Ciri-ciri pasar persaingan tidak
sempurna
-Hanya terdiri dari 1
produsen / penjual.
-Tidak butuh strategi
dan promosi untuk sukses.
-Hanya ada satu jenis
produk tanpa adanya alternatif pilihan.
-Sangat sulit untuk
masuk ke pasar karena peraturan undang-undang
maupun butuh sumber daya yang sulit
didapat.
-Harga dan jumlah
kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh
perusahaan bersekala besar.
-Tidak
ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna.
-Harga ditentukan oleh
perusahaan.
-Pembeli tidak punya
pilihan lain dalam membeli barang.
-Ada bannyak pembeli.
-Membuat hambatan yang
besar bagi pesainy yang akan masuk.
-Keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan.
3.
Ciri-ciri pasat oligopoli:
* Terdapat banyak pembeli di pasar.
* Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
* Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal
besar saja (konglomerasi).
* Produk yang dijual bisa bersifat sejenis, namun bisa berbeda mutunya.
* Adanya hambatan bagi pesaing baru.
* Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
* Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif.
4. Ciri-ciri pasar tenaga kerja:
·
Sebagai penjual tenaga kerja di dalam pasar ini adalah para
pencari kerja (Pemilik Tenaga Kerja), sedangkan sebagai pembelinya adalah
orang-orang / lembaga yang memerlukan tenaga kerja adanya perusahaan yang
membutuhkan tenaga kerja.
5.
Ciri-ciri pasar factor produksi:
A. KONSEP PASAR FAKTOR PRODUKSI
1} PERBEDAAN PASAR FAKTOR PRODUKSI
DAN PASAR BARANG KONSUMSI
Faktor produksi adalah segala
sesuatu yang di butuhkan oleh produsen sebagai input untuk memproduksi barang
siap pakai. Memudahkan analisis,terlebih dahulu kita akan menyederhanakan
perekonomian kita menjadi dua komponen yaitu :
• Rumah tangga produksi adalah pihak
yang mewakili semua unit yang melakukan proses produksi barang dan jasa
• Rumah tangga konsumsi adalah pihak
yang akan mewakili semua unit yang melakukan proses konsumsi barang dan jasa.
Pasar faktor produksi adalah tempat
bertemunya permintaan dan penawaran terhadap faktor produksi. Pasar barang
konsumen adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap barang
konsumen.
2} PENAWARAN FAKTOR PRODUKSI
Penawaran faktor produksi adalah
jumlsah faktor produksi yang tersedia di pasar pada waktu tertentu.
Contoh : terdapat barang-barang
modal berteknologi tinggi dan berteknologi rendah serta tenaga kerjanya
terdidik dan tenaga kerja tidak terdidik.tujuan agar saya lebih mudah untuk
memahami pembahasan selanjutnya adalah :
Faktor produksi yang paling dekat
dengan kehidupan saya adalah tenaga kerja. Sepanjang tahun saya melihar
orang-orang menawarkan tenaganya ke perusahan-perusahan di kota bahkan di luar
negeri.mereka berharap dapat bekerja di perusahan-perusahaan tersebut agar
memperoleh upah untuk membiayai kebutuhan hidupnya.
3} PERMINTAAN TERHADAP FAKTOR
PRODUKSI
Mengamati keadaan di pasar.
Tujuannya yaitu :
• Menentukan pilihan barang apa ag
akan di produksi yang sesuai dengan keinginan konsumen
• Menentukan beberapa jumlah barang
yang akan di produksi agar dapat menghailkan keuntungan yang maksimum.
Selanjutnya bperusahaan menentukan
kombinasi faktor produksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang tersebut
dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan biaya yang minimum.
Penentuan kombinasi faktor produksi
tersebut berarti menentukan berapa jumlah modal, tenaga kerja, dan faktor
produksi lainnyadengan pertimbangan sebagai berikut yaitu :
• Berapa harga faktor produksi di
tentukan
• Kondisi yang harus dipenuhi agar
faktor produksi yang digunakan dapat menghasilkan keuntungan maksimum dalam
kegiatan produksi.
4} PERANAN ANALISIS PERMINTAAN
TERHADAP FAKTOR PRODUKSI
Bagi perusahaan,ada dua alasan untuk
menganalisis permintaan terhadap faktor produksi. Pertama, hasil analisis dapat
di gunakan sebagai dasar untuk mengalokasikan penggunaan faktor produksi secara
efisien. Kedua, hasil analisis akan menjelaskan bagaimana pendapatan berbagai
faktor produksi di tentukan.
*pengalokasian faktor produksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar